PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA

Authors

  • Didik Himmawan Universitas Wiralodra Indramayu
  • Syaefulloh Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS)
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Azi Khoirurrahman STKIP Arrahmaniyah Depok

DOI:

https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3

Keywords:

Pendidikan, Guru, Generasi Emas, Pendidik

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengembangkan manusia yang tidak sekedar memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga dapat berpikir secara ilmiah dan filosofis. serta dapat menumbuhkan spiritualitasnya. Pendidikan yang berkualitas diperlukan untuk melahirkan generasi emas. Guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan sebab dari keseluruhan unsur pendidikan, gurulah yang paling berpengaruh. Untuk menyongsong generasi emas Indonesia 2045, guru harus lebih kreatif, inovatif, dan inspiratif dalam merancang aktivitas pengajaran yang berkualitas. Penelitian kali ini mengandalkan kajian dan analisis data sekunder. Data yang digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari sumbernya. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Artikel ini secara keseluruhan membahas hubungan antara pendidikan dan perwujudan generasi emas Indonesia, upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya, dan peran pendidik dalam mewujudkan upaya tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-30

How to Cite

Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3

Issue

Section

Articles