MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Asep Mulyana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Muhajirin Purwakarta
  • Salma Salimaturohmah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Muhajirin Purwakarta
  • Sani Septiana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Muhajirin Purwakarta
  • Tanti Fitri Yana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Muhajirin Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.1

Keywords:

Manajemen, Pesantren, Manajer

Abstract

Pemimpin teladan seperti kiai, kepala pesantren dan pembimbingnya yang merupakan visioner pertama. Pesantren yang dijalankan oleh para pemimpin seperti itu tidak diragukan lagi tercerahkan dan termotivasi untuk mengembangkan tujuan dan rencana jangka panjang yang jelas. Misalnya konsep sistem pendidikan Islam terbaik di dunia yaitu  pesantren paling ideal. Selain itu, pesantren biasanya memiliki ciri khas tersendiri, mengikuti prosedur atau aturan main. Hal ini sebagian karena kepatuhan budaya kepada kiai, yang memiliki otoritas sangat besar di pesantren. Ia juga mengandalkan “sistem manajemen” ribuan pesantren yang  masing-masing memiliki  budaya ketaatan kiai yang berbeda. Setiap pesantren juga memiliki “gerakan” yang berbeda dalam sistem pendidikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-29

How to Cite

Asep Mulyana, Salma Salimaturohmah, Sani Septiana, & Tanti Fitri Yana. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.1

Issue

Section

Articles