KONSEP DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.4Keywords:
Konsep, Implementasi, Manajemen Mutu, Perguruan TinggiAbstract
Perguruan tinggi memiliki kegiatan dan produk yang jelas serta memiliki kekhasan secara otonomi baik dari aspek pendidikan, penelilitian, hingga pengabdian masyarakat. Aspek pendidikan yang merupakan aspek pertama dari dharma akan menjadi ciri khas yangterlihat dan terasakan langsung oleh masyarakat. Penelitian ini merupakan kajian dan analisis data, terutama dari jurnal dan buku yang memiliki kaitan dengan topik penulisan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari sumbernya. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Jenis dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan, dan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penilaian dalam pendidikan dikaitkan dengan peningkatan mutu. Baik itu mutu peserta didik maupun mutu satuan pendidikan itu sendiri. Karenanya, penilaian ini juga mencakup lembaga, termasuk program-program yang ada di lembaga itu sendiri. Lebih dari itu, penilaian hasil belajar ini juga melibatkan peran serta masyarakat yang dijalankan melalui lembaga mandiri yang dalam evaluasinya dilaksanakan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Manajia: Journal of Education and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.