KONSEP DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Azi Khoirurrahman STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Syaefulloh Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS)

DOI:

https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.4

Keywords:

Konsep, Implementasi, Manajemen Mutu, Perguruan Tinggi

Abstract

Perguruan tinggi memiliki kegiatan dan produk yang jelas serta memiliki kekhasan secara otonomi baik dari aspek pendidikan, penelilitian, hingga pengabdian masyarakat. Aspek pendidikan yang merupakan aspek pertama dari dharma akan menjadi ciri khas yangterlihat dan terasakan langsung oleh masyarakat. Penelitian ini merupakan kajian dan analisis data, terutama dari jurnal dan buku yang memiliki kaitan dengan topik penulisan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari sumbernya. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Jenis dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan, dan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penilaian dalam pendidikan dikaitkan dengan peningkatan mutu. Baik itu mutu peserta didik maupun mutu satuan pendidikan itu sendiri. Karenanya, penilaian ini juga mencakup lembaga, termasuk program-program yang ada di lembaga itu sendiri. Lebih dari itu, penilaian hasil belajar ini juga melibatkan peran serta masyarakat yang dijalankan melalui lembaga mandiri yang dalam evaluasinya dilaksanakan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-31

How to Cite

Azi Khoirurrahman, Ujang Cepi Barlian, & Syaefulloh. (2023). KONSEP DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 42–55. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.4

Issue

Section

Articles