Perkembangan Pendidikan Agama Islam Bagi Muslim Minoritas Di SMP Negeri 2 Sibolangit

Authors

  • Meuthia Putri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.15

Keywords:

Perkembangan, Pendidikan Agama Islam, Minoritas

Abstract

Penelitian mengenai pendidikan Islam akhir-akhir ini masih menjadi perhatian utama  mayoritas umat Islam, karena berkembangnya pendidikan Islam dengan kesadaran yang sangat tinggi dari setiap orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (penelitian kualitatif) yang bertujuan untuk mendeteksi situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan realitas secara akurat tanpa adanya manipulasi, dibentuk dari kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data  relevan yang diperoleh dari situasi alam. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumen. Analisisnya dilakukan dengan reduksi data, visualisasi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Namun komunitas minoritas Muslim masih menjadi perhatian dalam pengembangan pendidikan di tingkat lokal. Baik bagi mayoritas maupun minoritas, Islam selalu membawa perjuangan yang tiada henti untuk pendidikan Islam di setiap daerah. Kajian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan di pesantren selalu menjadi perhatian utama. Program pendidikan Islam yang dikembangkan di Pondok Pesantren Nurul Yaqin juga memperhatikan kebutuhan santri untuk menghadapi masa depan. Tidak hanya secara lokal tetapi juga untuk mempersiapkan persaingan lokal dan permintaan global.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Meuthia Putri. (2023). Perkembangan Pendidikan Agama Islam Bagi Muslim Minoritas Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 107–117. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.15

Issue

Section

Articles