Perkembangan Pendidikan Agama Islam Bagi Muslim Minoritas Di SMP Negeri 2 Sibolangit
DOI:
https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.15Keywords:
Perkembangan, Pendidikan Agama Islam, MinoritasAbstract
Penelitian mengenai pendidikan Islam akhir-akhir ini masih menjadi perhatian utama mayoritas umat Islam, karena berkembangnya pendidikan Islam dengan kesadaran yang sangat tinggi dari setiap orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (penelitian kualitatif) yang bertujuan untuk mendeteksi situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan realitas secara akurat tanpa adanya manipulasi, dibentuk dari kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data relevan yang diperoleh dari situasi alam. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumen. Analisisnya dilakukan dengan reduksi data, visualisasi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Namun komunitas minoritas Muslim masih menjadi perhatian dalam pengembangan pendidikan di tingkat lokal. Baik bagi mayoritas maupun minoritas, Islam selalu membawa perjuangan yang tiada henti untuk pendidikan Islam di setiap daerah. Kajian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan di pesantren selalu menjadi perhatian utama. Program pendidikan Islam yang dikembangkan di Pondok Pesantren Nurul Yaqin juga memperhatikan kebutuhan santri untuk menghadapi masa depan. Tidak hanya secara lokal tetapi juga untuk mempersiapkan persaingan lokal dan permintaan global.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meuthia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.