Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Sibolangit
DOI:
https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.12Keywords:
Guru, Pendidikan Agama Islam, AkhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Sibolangit. Latar belakang dari penelitian ini adalah mayoritas guru sebagai pendidik dengan hanya mentransfer ilmu pengetahuan tanpa memberikan dukungan dalam pembentukan karakter seperti berakhlak mulia dan memiliki sopan santun sehingga peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan peneltian deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan peserta didik yang beragam islam di sekolah SMPN 2 Sibolangit berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan tahapan analisis yang dilakukan dalam penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam peningkatan ahlak mulia peserta didik dilakspeserta didikan secara intensif dan berkelanjutan. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki tugas membimbing, memberi contoh, dan menghukum peserta didik. Namun, ada beberapa komponen internal dan eksternal yang dapat memengaruhi pembentukan akhlak mulia peserta didik. Faktor-faktor ini termasuk kebiasaan dan lingkungan sekolah, yang dapat memengaruhi akhlak peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfi Rahman Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.